-->

Sabtu, 07 Maret 2015

Aksesoris gitar fungsi dan kegunaannya

Advertisement

Aksesoris gitar fungsi dan kegunaannya - Berbicara masalah gitar tentu tak lupa pula dengan segudang aksesoris gitar serta fungsinya yang mungkin anda belum mengetahuinya,Untuk itu apasajakah aksesoris gitar fungsi dan kegunaannya simak ulasan berikut ini :

Case atau tas.
Salah satu aksesoris penting pertama adalah case guitar atau orang awam menyebutnya tas gitar. Fungsi dari aksesoris yang satu ini selain mempermudah kita pada saat menenteng gitar baik ketika berjalan maupun ketika naik motor,juga berfungsi melindungi gitar kesayangan dari cacat mungkin karena benturan atau apa yang bisa terjadi tanpa anda duga dan sadari. Jenis case gitar sendiri pun bermacam macam mulai dari soft case berbahan kain,kulit hingga hard case berbahan kayu berlapis kulit dan juga plastik.

case guitar
guitarsite.com


Pick.
Alat ini berbentuk kecil hanya segedhe jempol jari yang digunakan sebagai alat bantu memetik gitar agar tangan atau kuku kesayangan tidak rusak bila anda tergolong cewe atau cowo yang rajin mani pedi. Harga yang ditawarkan untuk aksesoris ini bervariasi mulai dari harga 6rb,15rb hingga yang ratusan ribu.
pick guitar
deviantart.com
Yang lagi memiliki jiwa kreatif,silahkan membuat pick guitar sendiri dari bahan keping VCD.plastik mika/botol mika,kertas karton dll untuk menghemat budget.


Strap.
Strap atau orang awam menyebutnya selendang gitar. Alat ini berfungsi membantu menopang gitar ketika kita memainkan gitar dalam posisi berdiri sehingga lengan tidak capek menjepit gitar. Harga cukup bervariasi mulai yang murah di kisaran harga 30 ribu an sampai yang bagus bisa sampai ratusan ribu. Strap ini pun dapat diaplikasikan kedalam gitar akustik dengan sedikit manipulasi dan modivikasi.
strap guitar
pccord.com
strap guitar
Nah silahkan kalo ada sabuk tidak terpakai dimodivikasi untuk dijadikan strap gitar agar terlihat inovatif dan juga hemat hehe.


Stand dan hanger guitar.
Aksesoris ini masih jarang dibeli oleh para pemilik gitar. Fungsinya adalah untuk meletakkan gitar pada posisi yang kita inginkan dan tentu saja agar tidak bergeser dari tempatnya dan jatuh. Sayang kan kalau gitar kesayangan yang body nya mulus tiba tiba lecet hanya karena terjatuh ketika ditaruh.

www.dotandbo.com
Hanger guitar
Wa bila anda kreatif saya jamin anda akan langsung membuatnya dari sisa bahan kayu yang ada disekitar anda tanpa harus membelinya,itu adalah pilihan anda.





Screeching Halt.
Atau disebut juga dengan penutup lubang gitar. Fungsinya adalah untuk menutupi libang gitar akustik agar tidak terjadi feedback suara yang dihasilkan. Harganya pun cukup murah sekitar 100 ribu an saja. Bila anda kreatif bisa membuat sendiri dari bahan yang anda temukan disekitar anda.
Screeching Halt
pic source : www.americanmusical.com
Dan dengan jiwa yang kreatif anda akan memanfaatkan stiker guna menutup lubang gitar yang mungkin anda memiliki sisa stiker scoutlet motor anda.


Capo.
Sebuah alat yang biasa digunakan untuk menaikkan nada dasar dari gitar akustik dengan cara menjepit senar gitar pada feed tertentu. Harga yang ditawarkan mulai dari yang termurah adalah sekitar 50 rb rupiah saja.

aksesoris gitar capo


Lagi lagi bila anda adalah sosok yang kreatif tentu anda akan membuat capo versi anda menggunakan batang spidol yang diikat dengan karet seperti ini.

Aksesoris gitar fungsi dan kegunaannya
source pic : wikihow


Slider.
dilihat dari namanya yakni slider,digunakan untuk anda yang suka memetik gitar dengan nada country atau blues yang banyak menggunakan tehnik slide. Cukup anda masukkan jari yang biasa anda pakai entah kelingking atau tengah ke dalam alat ini.
guitar slider
wikipedia.org
Silahkan diakali dengan menggunakan pipa paralon,potongan pipa besi,atau apapun yang bentuknya mirip seperti bentuk slider yang ada didalam foto diatas untuk mengakali bila anda malas membeli slider asli ( bokek ).


Tuner.
Tuner adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah menstem atau menyetel nada senar gitar untuk mendapatkan nada yang sempurna dan tidak fals. Bentuk tuner beraneka ragam mulai dari yang konvesional berupa penunjuk jarum mirip avometer sampai yang berbentuk digital bahkan sekarang ini banyak aplikasi ponsel cerdas android yang menyuguhkan aplikasi guitar tuner.

Biasanya tuner gitar bentuknya seperti diatas yang cara menggunakannya cukup ditempel pada kepala gitar,beberapa tuner digabungkan menjadi satu dengan capo.

hemmm ternyata banyak juga ya aksesoris gitar yang bisa kita beli ataupun kita tiru dengan bahan seadanya dirumah :).

Kata kunci untuk artikel ini :
Aksesoris gitar akustik dan fungsi
Aksesoris gitar akustik terbaik
Harga aksesoris gitar akustik
Modivikasi aksesoris gitar akustik
Cara menggunakan gitar akustik

SOURCE : kangdroid.blogspot.com



Aksesoris gitar fungsi dan kegunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad