-->

Minggu, 08 Maret 2015

Bagian Gitar Elektrik Lengkap Nama Dan Fungsi

Advertisement

Bagian Gitar Elektrik - Gitar elektrik juga biasa disebut dengan sebutan gitar listrik karena memang menggunaannya dengan bantuan sound sistem agar terdengan bunyinya,gitar jenis ini memang gitar yang paling banyak dipakai oleh sebagian besar musisi walaupun mereka bisa bermain menggunakan gitar akustik karena kelebihan suara yang dihasilkan sungguh dahsyat.

Kali ini saya akan berbagi mengenai bagian gitar listrik beserta fungsinya agar anda bisa lebih mengenal bagian gitar kesayangan anda. Berikut saya sertakan gambar dan detailnya:

1. Kepala Gitar / Headstock.
Bagian ini didesain dengan model yang beraneka ragam,fungsi utama dari head ini adalah untuk penempatan logo pembuat gitar,dudukan nut serta tempat pemasangan tuner gitar. Beberapa gitar ada yang didesain tanpa kepala seperti gitar milik Bang Haji Roma Irama penempatan nut dipindah atau diputar pada posisi bridge.

2.Tuner.
Fungsinya adalah untuk menjaga suara dari gitar agar tidak berubah dan untuk menstem gitar. Bahan tuner adalah dari metal stainless.

3.Nut.
Ini berfungsi sebagai dudukan atau bantalan senar gitar agar ketika di petik suara terdengar nyaring.

4.Fingerboard.
Adalah tempat untuk kita menekan fret fret tertentu agar dapat menghasilkan nada pada gitar.

5.Neck / leher gitar.
Terbuat dari bahan kayu berkualitas baik yang keras dan kuat namun ringan. Fungsinya adalah untuk kita memegang gitar. Pada neck gitar didalamnya terdapat besi panjang yang disebut trus rod yang fungsinya adalah menjaga neck gitar agar tidak melengkung. Selain trus rod terdapat juga besi metal memanjang yang dinamakan fret.

6.Fret.
Fred gitar adalah sebuah aksesoris yang terbuat dari bahan metal stainless stell yang memiliki fungsi penting dan utama yakni menentukan nada dari senar gitar. Tanpa adanya fret maka gitar anda akan menjadi Biola bukan!!.

7.Strap In.
Strap in ini adalah sbuah aksesoris default gitar yang terbuat dari plastik ataupun aluminium dengan fungsi utama sebagai pengait strap atau sabuk gitar agar mempermudah menyangga gitar ketika bermain sambil berdiri.

8.Body Gitar.
Body gitar memiliki bentuk yang beranekaragam yang biasanya menunjukkan ciri khas pembuat atau pendesain gitar. Pada body gitar inilah tempat tertanamnya bagian lain gitar seperti bridge,tune controls,pickup,tuning lock,dan lain lain.

9.Pickup Selecktor.
Sesuai dengan namanya pickup selector memiliki fungsi utama memilih pickup yang akan digunakan. Biasanya terdapat pada gitar yang memiliki banyak pickup.

10.Volume and Tune controls.
Bentuknya bermacam macam mulai bulat kecil,bulat besar atau bentuk lain seperti tengkorak mini dll. Fungsi volume kontrol adalah untuk mengontrol output suara gitar mulai dari tanpa suara hingga suara yang paling keras.
Sedangkan tone kontrol fungsinya untuk mengubah suara output gitar menjadi rendah atau nge bass.

11.Strap in.
sama seperti poin nomor 7 diatas fungsinya adalah untuk memasang strap / sabuk gitar.

12.Tuning Lock.
Letak tuning lock berada tepat di belakang bridge yang berfungsi untuk dudukan kepala senar.

13.Bridge.
Terbuat dari bahan metal stainless,beberapa membuat dengan bahan rahasia lain yang berfungsi sebagai dudukan senar gitar. Beberapa Bridge didesain untuk mempengaruhi nada tone pada gitar. Model bisa bervariasi sesuai dengan apa yang anda mau. Anda bisa mengganti bagian ini sesuka hati.

14.Pickup Sensor.
Adalah sebuah sensor khusus yang berfungsi menerima getaran senar yang sedang kita petik menjadi sinyal elektrik yang kemudian diolah dan disalurkan ke audio sound.

15.Penghubung neck dan Body.
Adalah kayu berbahan solid dengan fungsi utama sebagai penghubung bagian neck gitar dengan body gitar.

16.senar gitar
Adalah bagian gitar yang sering kita mainkan dengan cara dipetik,dibetot,di slap dll. Jumlah senar pada gitar pada umumnya saat ini adalah 6 senar dengan urutan senar nomor satu pada senar paling bawah sampai senar nomor 6 pada senar paling atas.

17.Out Put jack.
Adalah lubang tempat di coloknya kabel jack yang nantinya dihubungkan ke audio sound.

Nah itulah tadi ulasan Bagian gitar elektrik nama dan fungsi bagian gitar lengkap. Bila ada yang mungkin terlewatkan oleh saya silahkan langsung ingatkan saya dengan komentar di akhir postingan.


Kata Kunci Artikel.
Anatomi gitar elektrik
Bagian gitar elektrik lengkap
Nama dan fungsi bagian gitar
Fungsi gitar elektrik
Fungsi dan bagian gitar




Bagian Gitar Elektrik Lengkap Nama Dan Fungsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad