-->

Sabtu, 23 Juli 2016

Apa Itu Bracing Gitar ? Mengenal Bracing Gitar Dan Jenisnya

Advertisement

Audioboxed.blogspot.com - pernahkah anda mendengar istilah bracing yang ada didalam sebuah alat musik petik seperti gitar akustik ataupun bass akustik ? Jika anda belum mengetahui mengenai istilah tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan mengenai apa itu bracing gitar, fungsi bracing gitar dan bagaimana bentuk dari bracing gitar.

Pengertian bracing gitar

Bracing adalah sebuah kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan direkatkan pada bagian dalam body gitar akustik ataupun bass akustik serta alat musik lain yang menggunakan kotak suara akustik. Bracing ini terbuat dari kayu ringan seperti kayu cedar, kayu balsa ataupun kayu pohon cemara untuk jenis bracing konvensional dan paling banyak diaplikasikan. Sedangkan bracing yang memiliki kualitas premium dan hanya digunakan pada alat musik premium pula biasanya terbuat dari bahan serat karbon. Bracing dipasang pada bagian dalam body gitar tepatnya pada bagian body atas dan body bawah. Dan cara menempelkannya adalah dengan cara direkatkan menggunakan lem khusus kayu tanpa dipaku.

Baca juga : Mengenal aksesoris biola serta fungsinya

jenis bracing gitar
contoh bentuk desain bracing gitar

Fungsi dari bracing gitar

Bracing berfungsi sebagai penstabil suara yang dihasilkan oleh kotak suara atau soundbox dari sebuah alat musik. Dengan adanya bracing inilah suara atau volume alat musik yang dimainkan akan dapat terdengar dengan bagus, stabil dan jelas. Penggunaan bracing yang terlalu banyak ataupun kurang dapat berakibat kurang baik terhadap alat musik yang bersangkutan, menggunakan bracing yang terlalu banyak dapat membuat suara yang dihasilkan menjadi kurang begitu kedengaran atau istilah gaulnya adalah " suaranya atos ". Sedangkan bila menggunakan bracing yang kurang dapat berakibat kacaunya suara yang dihasilkan oleh alat musik yang bersangkutan, rentan terhadap distorsi, nggembret dan tidak fokus. Setiap bracing memiliki desain betuk yang berbeda beda, dan tentunya juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan berbeda pula karakternya.

Jenis-Jenis Bracing pada Gitar

Untuk jenis bracing yang biasa digunakan pada sebuah gitar akustik klasik dibedakan menjadi 3 jenis bracing yaitu Fan Bracing, Kasha Bracing dan Lattice Bracing. Sedangkan untuk jenis gitar akustik non klasik lebih sering menggunakan bracing model " X " atau X Bracing dan juga bracing model " A " atau yang biasa dikenal dengan sebutan A Bracing. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini untuk model pattern bracing gitar merk yamaha.


jenis bracing gitar

Baca juga : Apa itu audio mix ? Pengertian mixing audio

Nah bagaimana apakah sampai disini anda paham mengenai apa itu bracing gitar, apa fungsi dari bracing gitar serta manfaat dari bracing gitar ? Semoga artikel diatas bermanfaat pula buat anda yang saat ini sedang berkunjung ke blog musik ini.

Anda juga bisa mencari artikel ini dengan menggunakan pencarian seperti berikut :

  • Model bracing gitar
  • Tujuan dipasang bracing
  • Cara membuat bracing
  • Manfaat bracing
  • Pengertian bracing
  • Apa itu bracing gitar
  • Model bracing gitar terbaik



Apa Itu Bracing Gitar ? Mengenal Bracing Gitar Dan Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad