-->

Selasa, 27 Oktober 2015

Bagian Bagian Gitar Akustik Dan Fungsinya

Advertisement

Mengenal gitar akustik - setelah kita mengenal nama dan bagian dari gitar listrik AKA gitar elektrik, dalam edisi kali ini kami juga akan membagikan pengetahuan mengenai nama bagian dari gitar akustik atau gitar bolong beserta fungsi bagiannya. Setiap instrumen musik tentu memiliki bagian bagiannya sendiri serta apa saja kegunaan dari masing masing bagian tersebut, tak luput juga adalah nama komponen yang ada pada gitar akustik beserta fungsinya.

komponen gitar akustik


Fungsi bagian dari gitar akustik


Headstock / kepala gitar : adalah bagian gitar yang memiliki fungsi menahan senar dan tuning machines , beberapa gitar ada yang tidak memiliki headstock seperti contohnya adalah gitar milik bang haji roma irama.

Tuning Machines : alat ini berfungsi sebagai penyetel nada pada string sehingga dihasilkan suara yang di inginkan.

Nut : nut ini memiliki fungsi tunggal yakni menata agar senar tidak bergeser atau berhimpit antara senar yang satu dengan yang lainnya atau istilah kerennya adalah rel nya senar.
Neck : neck atau leher gitar ini adalah tempat untuk meletakkan fretboard, tuners(tuning machines),truss rod serta headstock.

Fingerboard : ialah papan kayu yang diberi sekat berupa logam yang disebut dengan fret, dan dipapan fingerboard inilah nada dibagi dan dimainkan.

Fret : fret adalah logam penyekat yang berbahan kuningan atau stainless tahan karat yang berfungsi untuk membagi bagi nada senar gitar. Dengan adanya fret ini kita bisa menentukan nada nada pada gitar secara permanen. Berbeda dengan violin atau biola yang tidak memiliki fret sehingga dalam menentukan sebuah nada yang pas akan sedikit kesulitan. Fret gitar ini sebaiknya juga dirawat agar tidak mudah rusak, kerusakan yang terjadi pada fret gitar seperti tinggi antar fret yang satu dengan yang lain berbeda dapat berakibat buruknya kualitas suara gitar yang dihasilkan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai cara perawatan fret gitar yang benar silahkan anda baca tulisan kami lainnya di Cara merawat fret gitar yang benar.

Strings(senar) : string atau senar adalah komponen gitar yang paling utama, tanpanya gitar tidak akan bisa menghasilkan suara yang merdu. bahan senar sendiri terbuat dari bahan nylon, baja, nikel dengan dengan suara yang berbeda beda bila dimainkan tentunya. Bagi kalian yang ingin mengetahui merk senar gitar terbaik yang biasa digunakan musisi dunia silahkan baca tulisan kami yang mengulas mengenai senar gitar di Merk senar gitar terbaik dunia.

Sound hole : sound hole atau lubang suara adalah sebuah lubang yang terdapat pada body gitar yang memiliki fungsi untuk tempat keluarnya nada gitar ketika dipetik. Tanpa lubang gitar tentu suara yang dihasilkan akan jauh lebih pelan dan kurang nyaring.

Pick Guard : fungsi dari pick guard ini adalah untuk melindungi body gitar dari goresan pick atau kuku sehingga body tidak mengalami lecet.

Body Gitar : body gitar adalah badan dari gitar yang mana pada bagian ini terdapat komponen seperti Sound Hole,bridge,pick guard,pickup ( tambahan ) dan lain sebagainya.

Bridge : Adalah tempat dudukan untuk mengikat senar gitar.

End pin dan Strap in : kedua benda ini berfungsi untuk mengikat strap atau selempang gitar ketika gitar sedang dimainkan. Dengan adanya aksesoris gitar yang satu ini kitapun menjadi lebih nyaman ketika memainkan gitar dengan berdiri karena tubuh kita tidak direpotkan untuk menopang body gitar. Memang banyak sekali strap gitar yang dijual dipasaran mulai yang biasa saja sampai yang berkualitas bagus. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai strap gitar yang berkualitas silahkan baca artikel kami lainnya di Merk strap gitar berkualitas dan terbaik didunia.

Bracing gitar : bracing adalah salah satu komponen terpenting didalam sebuah alat musik yang memiliki kotak suara semacam gitar. Jika dilihat bentuk dari bracing ini adalah seperti tulangan tulangan yang dipasang didalam kotak suara gitar khususnya pada bagian atas dan bawah body gitar. Fungsi dari bracing ini adalah sebagai penstabil suara yang dihasilkan oleh gitar dan juga berfungsi sebagai penguat bentuk body gitar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu bracing silahkan baca artikel kami yang lain di PENGERTIAN BRACING GITAR.
Baca juga : Mengenal bagian gitar listrik lengkap dengan fungsinya ,Inilah 10 merk gitar terbaik didunia

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai bagian gitar akustik beserta fungsinya. Semoga artikel pendek ini memberikan pencerahan bagi anda yang saat ini tidak mengetahui nama nama bagian pada gitar akustik. Apakah anda penasaran dengan cara pembuatan gitar akustik ? Bila iya silahkan anda lihat artikel berbagai foto proses pembuatan gitar.


Bagian Bagian Gitar Akustik Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad