-->

Jumat, 06 Maret 2015

Alat Untuk Studio Rekaman Studio Musik

Advertisement

Bagi anda yang ingin membuka studio musik sebagai usaha sampingan dan masih belum faham mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan dan secara sederhana wajib ada didalam studio musik,berikut akan saya bagikan mengenai alat yang biasa ada didalam studio rekaman.

Microfon.
Sudah pasti yang namanya studio rekaman adalah ruangan atau tempat yang digunakan untuk merekam audio / suara dan peran microfon disini adalah sebagai alat penangkap suara yang nantinya diproses dan diteruskan ke dalam perekam / recorder.
Banyak sekali jenis jenis microfon namun yang biasa dipakai adalah mic berbentuk stand dan pop filter.

peralatan studio musik
kaskus.co.id


Audio mixer.
Alat yang satu ini adalah elemen yang penting yang harus ada didalam studio musik. Sepertinya tidak usah saya jelaskan panjang lebar karena dilihat dari namanya yakni audio mixer,digunakan untuk mengatur semua input sound serta rute output ke komputer dan audio interface.

Komputer.
Fungsinya disini adalah untuk memantau seluruh proses rekaman. Untuk hasil yang maksimal lebih disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi yang bagus jangan asal komputer walau sebenarnya bisa. Dengan menggunakan spek komputer yang lebih baik tentu proses rekaman juga tidak akan terganggu akibat mungkin terjadinya hang karena beban komputer terlalu besar dan prosessor komputer tidak dapat mengolahya.

Audio interface.
Alat ini adalah alat pengganti dari sound audio card komputer

Dawn software.
Adalah software yang digunakan khusus untuk rekaman. Biasa disertakan dalam paket pembelian audio interface

Headphone dan studio monitor.
kedua alat ini fungsinya adalah untuk memantau si penyanyi ketika suaranya sedang direkam dari balik ruangan kaca. Si perekam biasanya menggunakan headphone rekaman yang didesain secara khusus untuk mendengarkan suara asli dari proses rekaman yang memungkinkan mendengarkan secara sempurna suara tanpa tersusupi suara akustik ruangan rekam.

Instrumen musik.
Sudah tentu yang namanya merekam kita memerlukan beberapa instrumen musik yang dibutuhkan. Beberapa contoh bila anda masih tidak tahu yang namanya instrument musik adalah berupa gitar,keyboard,bass,





Alat Untuk Studio Rekaman Studio Musik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad