-->

Selasa, 24 Maret 2015

Jenis Microphone Untuk Audio Reccording

Advertisement

Jenis jenis microphone Salah satu peralatan yang digunakan dalam mengambil suara didalam sebuah studio reccording adalah microphone. Tanpa benda ini maka suara indah yang anda lantunkan tidak dapat terekam dan tersimpan didalam alat penyimpan suara. Untuk jenis microphone sendiri ada beberapa jenis yang diantaranya adalah :


Microphone Dinamis.
Pada umumnya di studio rekaman digunakan untuk mengambil suara musik dengan meletakkan mic sedekat mungkin dengan alat musik. Misalnya pada drum atau kotak gitar.

macam jenis microphone


Mic jenis ini lebih fokus untuk mid range yang mampu mengatasi suara dengan tekanan yang cukup tinggi. Selain dipakai untuk studio rekaman,mic jenis ini dipakai juga untuk umum seperti MC,Bernyanyi,Karaoke dan lain lain ( mic umum ).

Microphone Ribbon.
mic jenis ini memiliki prinsip kerja berdasarkan besar kecilnya hambatan yang anda. Memiliki membran yang diantara kedua membran terdapat seperti serbuk arang yang memiliki fungsi sebagai pengatur.

macam jenis microphone


Jadi ketika ada suara yang masuk kedalam mikrophone dan menggetarkan dinding membran maka kerapatan dari serbuk arang tadi pun akan ikut berubah ubah sesuai getaran dari dinding membran. Sehingga arus listrik yang masuk ke dalam kumparan primer pun menjadi bervariasi nilai resistansinya. Yang saya tahu microphone jenis ini banyak dipakai didalam perangkat selullar seperti telephone kator  ( pernah bongkar jeroan telepon kantor soalnya gais ).

Microphone Kondesor.
Jenis yang satu ini tergolong microphone yang cukup rumit cara kerjanya,sesuai dengan namanya maka microphone jenis ini membutuhkan sebuah kondensor ,preamp untuk dapat phantom power,

macam jenis microphone


untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kelebihan dari microphone jenis ini ada pada tingkat sensitifitasnya dalam menangkap suara,kekurangan dari mic ini juga dari tingkat sensitifitasnya yang begitu tinggi yang dapat diibaratkan suara kepakan sayap dari nyamuk pun bisa terekam olehnya .

Dari kesemua jenis microphone tersebut tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing serta kegunaan dan penggunaannya pun harus tepat. Salah salah malah rekaman yang hendak anda ambil hancur dibuatnya karena salah memakai microphone.



Jenis Microphone Untuk Audio Reccording Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad