-->

Jumat, 23 Oktober 2015

Pengertian Preamp Dan Fungsi Preamp

Advertisement

Apa itu preamp? apa fungsi preamp? mungkin bagi kalian yang baru mengenal dunia musik akan mempertanyakan hal yang demikian, oleh sebab itu di edisi kali ini saya akan menjelaskan fungsi dari alat ini di industri musik.

Pengertian Preamp

Preamp atau preamplifier adalah sebuah alat ( rangkaian elektronik ) yang digunakan untuk meningkatkan input gain signal audio ( penguat awal ) sebelum audio tersebut masuk kedalam soundcard.

diagram preamp
preamp yang terpasang pada gitar akustik

Fungsi Preamp

Fungsi dari preamp ini sudah jelas yakni untuk menguatkan daya signal yang dikeluarkan oleh input signal atau dalam bahasa yang sederhana adalah sebagai penguat sinyal audio yang masih lemah. Adapun sinyal awal yang di kuatkan oleh preamp ini adalah amplitude tegangan sinyal sehingga menghasilkan intensitas tegangan dari sinyal audio,yang selanjutnya akan dikuatkan lagi oleh power amplifier ( penguat akhir ) . Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

preamp diagram

Selain sebagai penguat awal sinyal,preamp ini juga bisa dimanfaatkan untuk colouring. Bahkan ada sebagian orang yang memanfaatkan preamp ini untuk mengambil phantom power saja. Dan phantom power ini sangat dibutuhkan bila kita akan menggunakan MIC kondensor guna rekaman. Karena tanpa adanya phantom power ini, mic kodensor tidak akan dapat berfungsi.

Apakah preamp ini bisa diganti?

Bisa,bila preamp ini tidak ada,kalian bisa menggantinya dengan menggunakan efek stombox yang sebelumnya telah di bypass. FX yang telah di bypass itu nanti akan membantu meningkatkan gain input audio.

Baca juga Merk senar gitar akustik yang berkualitas terbaik


Pengertian Preamp Dan Fungsi Preamp Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad