-->

Jumat, 06 Maret 2015

Cara Memilih Gitar Akustik yang benar

Advertisement

Cara Memilih Gitar Akustik yang benar - Sebagai pemula tentu terkadang bingung untuk memutuskan membeli gitar akustik yang mana untuk digunakan. Mungkin beberapa tips dari saya ini cukup memantapkan hati anda dalam memilih gitar akustik yang baik.

Harga.
Sudah tentu harga menentukan kualitas dari sebuah barang tersebut. Namun belum tentu juga kualitas yang ditawarkan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Saat ini banyak merk gitar akustik yang murah namun memiliki kualitas yang hampir setara dengan merk terkenal. Oleh sebab itu anda harus cermat dan pintar untuk urusan harga.

Bahan.
Nah mungkin anda yang pemula berfikir gitar bahan pembuatnya sama dan suara yang dihasilkan pun sama,bila anda beranggapan seperti ini berarti anda salah besar. Bahan gitar akustik yang biasa digunakan adalah kayu mahoni,rosewood dan spruce. Dari beberapa bahan yang saya sebutkan diatas juga memiliki kekurangan serta kelebihannya masing masing tentunya namun saran saya pilihlah gitar akustik yang berbahan dasar rosewood dan spruce karena kedua bahan ini bila dipakai untuk membuat gitar suara yang dihasilkan sangat jernih,keras serta volume suara yang keras.

cara memilih gitar untuk pemula
foto by : guitarbackingtracks4.com


Senar gitar.
Ibarat kata sayur kurang enak tanpa adanya garam. Begitu pula sebaliknya dengan senar gitar,gitar tanpa senar tidak dapat untuk dimainkan kecuali dimainkan seperti rebana. saran dari saya sebaiknya menggunakan senar gitar berbahan steel atau senar baja karena senar jenis ini menghasilkan suara yang bening,bagus untuk musik seperti rock,melody dll. Berbeda dengan senar berbahan nilon,suara yang dihasilkan tidak begitu bening namun halus,dan senar gitar yang terbuat dari steel,pada grip / neck gitar lebih nyaman digenggam ketimbang senar berbahan nilon.

Bentuk Gitar.
Untuk urusan yang satu ini akan saya serahkan sepenuhnya kepada anda karena setiap orang memiliki ketertarikan bentuk body gitar yang berbeda.

Tes Tes dan Tes.
Sebelum anda memutuskan membeli alangkah baiknya anda mengetes gitar tersebut apakah gitar itu layak untuk anda beli dan sesuai dengan keinginan anda ataukah tidak. Cobalah memetik gitar tersebut dan dengarkan apakah ada nada yang kuang enak alias fals. Anda juga bisa mencoba memetik freed gitar yang mana saja dan mencocokkan nada pada sebuah alat yang bernama tuner,biasanya setiap toko alat musik menyediakan tuner untuk pengetesan.

Bila semua kriteria diatas sudah masuk sesuai keinginan anda jangan langsung membeli saja. Coba anda teliti kembali bentuk fisik dari gitar tersebut,apakah terdapat lecet,rusak dan sebagaimya. Ingat epatah mengatakan TELITI SEBELUM MEMBELI.

Nah bagaimana apakah anda sudah yakin dengan pilihan anda?.


Kata kunci untuk artikel ini :
Cara memilih gitar
Cara memilih gitar akustik
Cara memilih gitar akustik yang bagus
Cara memilih gitar akustik yang baik
Cara memilih gitar akustik untuk pemula


Cara Memilih Gitar Akustik yang benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad