-->

Sabtu, 07 Maret 2015

Cara Merawat Fret Gitar Yang Benar

Advertisement

Halo sobat audio kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membersihkan fret gitar yang baik dan benar supaya ketika gitar anda dimainkan suara akan tetap terjaga keharmonisannya. Coba anda bayangkan bila fret gitar kesayangan mengalami kerusakan,sudah pasti suara yang dihasilkan menjadi buruk tidak sesuai dengan keinginan kita. Beberapa masalah yang terjadi pada fret gitar diantaranya adalah sering terlepas,kotor berdaki,berkarat dan berjamur.

Penyebab kerusakan diatas bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah karena memang kualitas fret yang tidak bagus sehingga mudah berkarat / berjamur. Lebih baik anda membeli gitar dengan fret yang berbahan bagus semisal stainless stells karena bahan tersebut selain aman dari karat juga lebih mudah dalam pembersihannya.

Cara Merawat Fret Gitar Yang Benar


Tangan yang kotor ketika memainkan gitar juga ikut andil dalam memperkotor fret gitar terutama daki yang terdapat disekitar freed. Agar fret tidak mudah kotor alangkah baiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bergitar ria.

Jamur yang berkembang di sekitar fret terjadi karena proses penyimpanan yang kurang bagus misal disimpan di tempat yang lembab. Untuk menghindari hal ini simpanlah gitar pada hanger ataupun stand guitar pada tempat yang terdapat sirkulasi udara.

Cara membersihkan dan merawat fret cukup mudah sebenarnya,cukup anda lap dengan menggunakan kain berbahan halus yang sebelumnya telah di beri cairan khusus pembersih string and fret yang banyak dijual di toko aksesoris gitar kemudian tinggal di lap lap saja. Namun bila anda tidak menemukan cairan tersebut cukup lap saja menggunakan kain bersih dan gosok hingga mengkilap.

Untuk agar fret gitar tidak mudah berkarat gunakan pula senar berkualitas baik anti karat karena selain faktor kelembaban lingkungan,penyebab munculnya karat pada fret juga bisa terjadi karena tertular oleh karat dari senar / string itu sendiri.


Kata kunci artikel ini:
Cara merawat gitar
Cara merawat freed gitar yang benar
Cara mudah merawat gitar akustik
Cara mudah merawat gitar listrik
Tips merawat freed gitar yang benar



Cara Merawat Fret Gitar Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad