-->

Rabu, 11 November 2015

Pengertian Mastering Audio Mastering

Advertisement

Arti mastering audio - mastering audio adalah salah satu proses dari sekian banyak proses dalam dunia rekaman. Proses mastering ini adalah dua langkah terakhir sebelum rekaman musik ini disebar luaskan ke khalayak umum.

Mastering sendiri dapat diartikan sebagai proses memasukkan musik yang telah di mixing menggunkaan audio mixed kedalam sebuah keping CD MASTER. Dan dari keping master inilah nantinya akan di duplikat menjadi ribuan hingga jutaan copy dan nantinya hasil duplikasi tersebut yang dijual ke masyarakat umum.

audio mastering
mastering room via fatboymastering.com


Memang proses mastering ini adalah proses yang paling mudah daripada proses proses sebelumnya yakni proses rekaman atau pengambilan suara, mixing dan lain sebagainya. Agar proses mastering ini berjalan dengan cepat sebaiknya pada saat proses mixing harus benar benar sudah sempurna sehingga kita kita perlu repot repot lagi memoles suara dan dinamika nya ketika proses mastering.

Dalam prosesnya terkadang pihak yang melakukan mastering ini pun perlu berdiskusi dengan sang penyanyi guna membahas hal hal apa saja yang sekiranya di inginkan misalnya saja masalah dinamika suara.

Baca juga : Merk microphone terbaik rekomendasi frank filipetti

Nah apakah anda sudah memahami apa itu mastering didalam industri musik ?

Artikel ini juga bisa dicari menggunakan kata kunci berikut

Cara mastering audio
Proses mastering di rekaman musik
Arti mastering audio
Apa itu mastering audio ?


Pengertian Mastering Audio Mastering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad