-->

Selasa, 12 April 2016

Tips Cara Memilih Stik Drum Yang Baik

Advertisement

Cara memilih stik drum yang baik - Salah satu alat musik pukul yang ada didalam sebuah group band maupun perkusi sejenis adalah sebuah drum set yang nantinya akan dimainkan dengan cara dipuluk menggunakan stik khusus yang disebut dengan stik drum atau drum stick.

Tanpa alat yang satu ini sudah jelas kalian tidak dapat memainkan peralatan tabuh sejenis drum ( kecuali anda memainkan kendang tentunya ). Bagi seorang pemula mungkin semua stik sama saja penggunaannya yakni hanya dipukulkan ke sebuah membran drum. Namun bagi seorang yang telah paham dan tahu akan kenyamanan dari sebuah permainan tentu tidak akan asal dalam memilih sebuah stik drum karena kesalahan dalam memilih stik drum selain membuat kita yang memainkan menjadi kurang nyaman juga akan menggangu performa dari penampilan anda di atas panggung nantinya.

Stik Drum


Oleh sebab itu anda pun perlu memilah milah drum stick mana yang bagus dan sesuai dengan anda begitupun yang kurang bagus dan tidak cocok untuk anda gunakan. Adapun beberapa tips dalam memilih stick drum yang baik diantaranya adalah sebagai berikut ini :



1. Sesuaikan dengan jenis musik yang dimainkan

Pertama kali anda akan membeli sebuah stik drum tentu harus disesuaikan dengan musik apa nanti yang akan anda mainkan. Misalnya musik bergenre jaz akan lebih bagus menggunakan stik drum jenis brush, untuk musik latin atau country akan sangat bagus menggunakan stick berjenis bundle stick dan sejenisnya. Adapun jenis jenis dari stik drum serta musik apa yang cocok adalah sebagai berikut ini.

A. Stick drum kayu / ujung kayu

Stik drum jenis ini terbuat dari kayu ringan namun berkualitas baik seperti kayu mapple, oak, atau hickory. Stick drum yang satu ini sangat cocok digunakan untuk musik bergenre rock sebab pukulan dari stik ini bisa menghasilkan nada yang cukup keras. tentunya stik jenis ini juga bisa dipakai untuk jenis musik apa saja termasuk musik POP.

B. Stik drum ujung nilon

Stik drum ini terbuat dari bahan yang sama dengan stik ujung kayu, hanya saja perbedaannya pada ujung stik yang jenis ini terdapat balutan atau lapisan nilon. stik model ini dikhususkan bagi anda yang tidak mau peralatannya rusak akibat tergores. Penggunaannya lebih banyak diaplikasikan pada drumset elektrik guna menghindari rusaknya drum pet dari serpihan serta goresan. Jenis stik drum model ini juga mampu menghasikan suara yang sangat nyaring pada cymbal.

C. Stik drum model brush

Stik drum jenis ini memiliki bentuk yang sedikit nyleneh yakni berbentuk mirip dengan sapu lidi. Bahan pembuatnya pun bervariasi bisa terbuat dari bahan serat logam, bahan nilon maupun plastik. Dalam penggunaannya pun juga ada teknik khususnya dan tidak asal pukul. Jenis stik ini sangat cocok dan bagus untuk digunakan musik beraliran jazz, ballad, swing maupun cool jazz.

D. Bundle stick

Terbuat dari beberapa bagian kayu pendek dan kecil yang di ikat menjadi satu, dan stik drum jenis ini sangat pas untuk memainkan musik jenis country, latin, maupun unpluged.
Untuk jenis stik drum selengkapnya mungkin akan saya bahas dilain kesempatan.

Untuk sekedar catatan : penggunaan kayu berbahan american hickory akan jauh lebih baik dan awet sebab ketika stik akan mengalami kerusakan, ia tidak akan langsung patah melainkan hanya terkikis sedikit demi sedikit, sedangkan stik yang terbuat dari kayu oak atau mapple jika rusak atau patah akan langsung patah menjadi dua bagian.

2. Belilah stik drum yang asli dan memiliki nama besar

Merk atau nama besar seringkali dikaitkan dengan sebuah harga yang mahal padahal kenyataannya memanglah demikian :). harga pun juga bisa menentukan sebuah kualitas didunia musik sobat. Jadi ketika anda sudah mengetahui jenis musik apa yang akan kalian mainkan dan menemukan model stik yang cocok, langkah selanjutnya adalah memilih merk. Di pasaran banyak sekali stik drum bermerk yang ternyata aspal alias palsu, maka dari itu kalian dituntut teliti dalam membelinya. Kenapa saya sarankan menggunakan stik drum yang sudah memiliki nama besar dan yang ASLI karena stik drum palsu biasanya banyak sekali kekurangannya, misalnya saja keseimbangan dari kedua stik berbeda sehingga sangat tidak nyaman digunakan, sulit dipakai untuk freestyle dan lain sebagainya, Stik drum terasa kopong, mudah patah dan bentuk stik drum pun tidak lurus simetris alis bengkok mirip keris :).
Ingat membeli sebuah peralatan musik jika setengah setengah alias nanggung hanya akan membuat anda kecewa dikemudian hari.

3. Periksa kondisi stik drum sebelum membeli dan mengetesnya

Ingat peribahasa jangan pernah membeli kucing dalam karung ataupun jangan pernah membeli hanya dari penampilannya saja. Maka dari itu anda perlu memastikan kondisi stik yang akan anda beli apakah bagus dan baik ataukah tidak. Anda bisa meminta tolong kepada penjualnya untuk mengeluarkan stik dari pembungkusnya dan memeriksa dengan seksama apakah terdapat cacat, apakah stik tersebut seimbang, apakah stik tersebut kokoh dan lain sebagainya. Sukur sukur anda diperbolehkan menggunakan stik tersebut untuk memukul mukul drum ( tester ).

4. Pilah pilih selera stick drum mu

Selera yang dimaksud disini antara lain adalah seperti warna stick, apakah polos, hitam, merah atau anda ingin mengecatnya sendiri terserah. Namun saran kami gunakan stik yang polos tanpa cat agar jika digunakan akan menghasilkan suara yang sempurna.
Panjang pendek stik yang akan anda gunakan juga disesuaikan selera anda, jika kalian mampu menggunakan stik yang memiliki panjang 1 meter pun up to you :).
Bentuk ujung stick juga disesuaikan selera anda, bisa memilih ujung yang berbentuk ball ( bulat ), oval ( lonjong ), barrel maupun acorn.


Baca juga : Kunci gitar avenged sevenfold seize the day

Selain beberapa merk terkenal, di indonesia saat ini juga banyak sekali para penjual stick drum custom yang bisa kita pesan baik ukuran, bahan kayu, logo hingga nama stik tersebut dengan harga yang terjangkau tentunya. Nah begitulah tadi sedikit tips mengenai bagaimana cara memilih stik drum yang baik. silahkan dibagikan jika bermanfaat :).


Tips Cara Memilih Stik Drum Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad