-->

Rabu, 13 April 2016

Bagian Bagian Stik Drum

Advertisement

Nama dan bagian stik drum - tanpa sebuah stik drum tentu saja sebuah drumset akan tiada artinya lagi sebab hanya dengan menggunakan stik drum lah kita dapat memainkan alat musik pukul yang satu ini dan dapat menghasilkan suara yang menghentak.

Nah, pada edisi kali ini kita akan membahas mengenai bagian dari sebuah drum stick yang mungkin saja dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada anda semua yang saat ini sedang mencari informasi seputar nama bagian stik drum ini.

Bagian Drum Stick




Tip / kepala stick

Tip atau kepala stik ialah sebuah ujung dari stick yang katika dipukulkan ke membran drum maupun snaire akan menghasilkan suara yang khas. Besar kecilnya tip ini juga menentukan seberapa keras dan padat suara yang dihasilkan dari pukulan pukulan permainan. Bahan tip ini biasanya terbuat dari kayu, lapisan nilon, bahkan ada yang terbuat dari lapisan logam.


Neck atau leher

leher stick adalah bagian yang paling langsing atau tipis yang ada pada sebuah stick drum. Semakin kecil diameter neck stick drum maka stik tersebut juga akan lebih responsif dan fleksibel ketika dimainkan.

Shoulder atau bahu

Shoulder atau bagu adalah bagian tirus mulai dari badan stik sampai ke neck atau leher stik. Tujuan bahu stik drum ini dibuat tirus ini adalah untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya bouncing yang terlalu berlebihan.

Shaft atau body stick

Fungsi dari body stik ini adalah untuk memberikan efek bunyi tertentu bagi seoang drummer yang sedang memainkan peralatannya seperti ketika saat memukul cymbal dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengenal aksesoris gitar yang bernama Capo dan merk Capo terbaik yang bisa anda pilih

Grip

Grip adalah bagian dari batang stick drum yang sangat nyaman untuk dipegang, nah penggunaan atau kontrol stik ini berada pada bagian ini. Grip = pegangan.

Butt

Butt adalah bagian paling ujung pangkal dari sebuah drum stik yang mana tidak memiliki tip atau kepala. Fungsi dari butt end ini selain untuk mendapatkan keseimbangan ketika seorang drummer memegang sebuah stik, juga berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan berat. Biasanya seorang drummer ketika akan mengakhiri suatu trik bermain drum akan membalik stiknya yakni pada bagian pangkal atau butt end ini yang digunakan untuk memukul.

Setelah bagian bagian stik drum sudah anda ketahui selanjutnya adalah pembacaan simbol kode yang terdapat pada stik itu sendiri. Pada umumnya stik dibagi kedalam 3 kelompok besar berdasarkan peruntukannya. Adapun kelompok abjad tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Baca juga : Panduan dalam memilih microphone untuk rekaman

Kode S = street ( stik ukuran besar )

Adalah sebuah stik yang memiliki bentuk sangat besar dan sangat cocok digunakan untuk sebuah pertunjukan marching band. Karena ukurannya yang sangat besar inilah stik tersebut mampu menghasilkan suara yang besar / keras dan nyaring.

Kode B = Band ( stik ukuran sedang )

Stik drum dengan kode B ini bagus digunakan untuk sebuah band atau brass band yang memiliki ukuran stik lebih besar ketimbang jenis stik berkode B dan lebih kecil dari jenis stik berkode A.


Kode A = Orkestra ( stik ukuran kecil )

Stik dengan kode ini sangat bagus digunakan untuk memainkan musik orkes pengiring tari tarian atau bigband.


Dan dari setiap kode diatas masih di ikuti lagi dengan beberapa kode angka yang dimulai dengan angka 2 sampai angka 9 dimana angka yang lebih kecil menunjukkan tingkatan yang lebih berat. Sebagai contoh stik dengan kode 5A jauh lebih berat ketimbang stik yang berkode 9A.

Baca juga : Tips ampuh dalam memilih stik drum yang baik


Bagian Bagian Stik Drum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad