-->

Sabtu, 23 Juli 2016

Nama Aksesoris Biola Dan Fungsinya

Advertisement

Aksesoris alat musik biola - Biola termasuk kedalam alat musik berdawai yang cara menggunakannya adalah dengan jalan digesek. Memiliki senar sebanyak 4 buah yang disetel berbeda satu dengan lain. Biola ini layaknya sebuah gitar juga memiliki nama nama bagian biola yang diantaranya adalah body biola, leher / neck biola, jembatan, papan tekan jari, senar biola dan berbagai aksesoris biola lainnya.

Nah pada edisi kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai nama aksesoris biola dan fungsinya. Tulisan ini bertujuan agar anda yang masih pemula dalam mempelajari biola dapat mengetahui apa saja nama aksesoris tersebut, fungsi serta bagaimana cara menggunakannya.

Aksesoris biola dengan fungsinya

1. Rosin

Rosin adalah sebuah aksesoris biola yang bentuknya seperti sabun batangan bening yang memiliki tekstur kenyal dan memberikan kesan kesat. Tanpa aksesoris yang satu ini maka busur gesek biola tidak akan dapat menciptakan suara ketika digesekkan. Fungsi utama dari rosin ini adalah untuk membuat rambut kuda yang ada pada busur gesek menjadi kesat, sehingga ketika busur digesekkan akan menimbulkan suara gesekan yang mendecit. Untuk varian dari rosin ini pun bermacam macam disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan tingkat kelengketan atau kekesat annya.

rosin biola


Baca juga : Cara luruskan stang gitar yang melengkung

2. Shoulder Rest

Sesuai namanya, alat ini memiliki fungsi utama sebagai dudukan body biola pada bagu sang pemain. Alat ini membantu alat musik anda akan selalu berada menempel dibahu tanpa takut tergeser dan selip saat dimainkan. Selain itu fungsi alat ini adalah untuk membuat si pemain biola menjadi nyaman dalam melakukan permainan alat gesek yang satu ini. Bentuk dari shoulder rest ini bermacam macam baik dari segi ukurannya maupun bahannya, yang pemakaiannya tentu disesuaikan dengan model biola serta rasa nyaman dari si pemakai.

shoulder rest violin


3. Peredam suara biola

Aksesoris biola selanjutnya adalah peredam suara biola, memiliki bentuk yang seperti penjepit baju berbahan plastik, atau alat pengganjal yang berbahan karet ataupun besi. Biasanya alat ini dipasangkan pada bridge guna menghasilkan nada biola yang lebih pelan. Kebanyakan aksesoris ini digunakan dalam permainan oskestra.

peredam suara biola


4. Pedal Efek suara

Hampir mirip dengan pedal efek gitar atau pedal efek bass, dalam permainan biola juga terdapat aksesoris berupa pedal efek yang dapat digunakan untuk memberikan efek suara tertentu ketika memainkan biola, tentu saja biola yang dimainkan ini adalah biola elektrik atau biola listrik. Bahkan beberapa pedal efek gitar pun bisa digunakan untuk biola, namun tidak semua pedal efek gitar ini dapar bekerja dengan sempurna pada biola. Hanya beberapa pedal efk gitar yang pas dan cocok digunakan untuk biola diantaranya seperti delay / echi efek, yang terutama adalah analogue / tape delay.

pedal efek biola


5. Metronome / Tuner

Aksesoris biola yang lainnya adalah metronome atau tuner. Fungsi alat ini adalah untuk menyamakan tempo dari sebuah lagu dalam suatu permainan musik. Bila kalian memiliki piranti seperti ini dan didalamnya sudah include tuner, maka aksesoris ini akan bisa membantu kalian dalam menyamakan tempo serta menyelaraskannya.

metronome biola


Baca juga : Jenis bahan kayu lokal terbaik untuk membuat gitar

Mungkin sampai disini dulu artikel mengenai aksesoris biola dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini di media sosialmu.


Nama Aksesoris Biola Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad