-->

Jumat, 23 Oktober 2015

Cara Merawat Gitar Akustik Agar Tidak Cepat Rusak

Advertisement

Merawat gitar akustik - gitas akustik memang membutuhkan perhatian yang lebih extra ketimbang gitar listrik. Gitar akustik atau biasa disebut juga dengan istilah gitar bolong adalah jenis gitar yang terbuat dari bahan kayu pada stang gitarnya dan bahan tripleks untuk body gitar.

Karena dilihat dari bahan pembuatnya saja terkesan rapuh, maka kalian harus lebih hati hati dalam memeliharanya agar senantiasa awet dan terhindar dari kerusakan yang timbul di kemudian hari. Dan adapun tips cara merawat gitar akustik yang baik adalah sebagai berikut.

merawat gitar akustik


1.Mainkan gitar sewajarnya

karena memainkan gitar yang tidak sewajarnya akan merusak baik senar maupun body gitar, misalkan saja memainkan gitar sambil memukul atau mengetuk body gitar menggunakan kuku jari. Atau anda memainkannya sambil membanting banting gitar layaknya musisi rock :).

2.Mengendurkan senar gitar

Sebaiknya senar senar gitar dikendurkan bila ada rencana gitar tidak dimainkan dalam waktu yang lama, atau bila tidak mau mengendurkan karena malas melakukan stem gitar ulang, anda bisa memainkan gitar akustik setidaknya 1 minggu sekali. Alasan mengendurkan gitar ini adalah agar stang gitar tidak berubah bentuk menjadi melengkung. Melengkungnya stang gitar ini akan berdampak buruk bagi gitar kesayangan terutama pada suara yang dihasilkan menjadi tidak sincron atau setel lagi.

3.Beri pelumas pada stringnya

Bersihkan string gitar serta freed nya dengan menggunakan minyak khusus yang banyak dijual di toko aksesoris gitar, hal ini untuk menghindarkan string dan freed gitar menjadi berkarat. Untuk rekomendasi dari kami coba gunakan produk dari Tone, Baca : Produk pelumas senar gitar terbaik

4.Jangan taruh di tempat lembab

Terkadang kita tidak menyadari hal ini dan sembarang dalam menaruh gitar. Dalam menyimpan gitar akustik hindari tempat yang lembab karena gitar yang sering ditaruh di tempat yang lembab akan tumbuh jamur dan merusak kontruksi gitar ( gitar menjadi pecah dll ).

5.Gantung gitar bila tidak dipakai

Usahakan anda menggantung gitar akustik kesayangan bila tidak digunakan, hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan seperti terinjaknya gitar dan lain sebagainya. Berilah tali pada bagian kepala gitar sebagai sarana menggantung gitar di tembok, bisa menggunakan tali rafia ataupun membeli tali sepatu sebagai tali gantungan gitar.

6.Jangan taruh gitar dibawah terik matahari

Usahakan gitar akustik kesayangan anda jangan ditaruh dibawah terik matahari karena cat  yang ada pada body gitar akan cepat rusak seperti retak retak dan kualitas gitar seperti cat dan kayu menjadi rapuh.

7.Masukkan kapur barus

Memang kedengarannya sangat konyol, tapi percayalah dengan anda memasukkan kapur barus kedalam gitar akan membuat hewan perusak seperti ngengat ( nonol dalam bahasa jawa ) tidak akan menjamah gitar kalian.


Dengan selalu rajin merawat gitar akustik kesayangan anda, dijamin gitar akan selalu awet dan tahan lama hingga bertahun tahun usianya.

Baca juga Fungsi pre amp dan manfaatnya , merk string senar gitar terbaik


Cara Merawat Gitar Akustik Agar Tidak Cepat Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad