-->

Rabu, 25 November 2015

Mengenal Jenis Pick Up Gitar

Advertisement

Pick up guitar ini dibedakan kedalam dua jenis dilihat dari materi atau bahan pendukungnya. Kita mengenal dua jenis pick up dipasaran yakni pickup aktif dan juga pick up pasif. Diantara keduanya ini tentu saja memiliki perbedaannya masing masing.

Adapun perbedaan antara pick up aktif dan pick up aktif diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Pick up aktif

Pickup aktif merupakan rangkaian transducer yang memiliki preamp didalamnya, nah karena memiliki rangkaian preamp inilah pick up aktif membutuhkan baterai agar pickup aktif dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karakter dari pickup jenis ini adalah memiliki karakter yang kuat, dapat menyetel dan mengatur getaran sinyal dawai dan tidak terpengaruh dengan tone kayu gitar. Pick up aktif sangat cocok digunakan untuk gitaris metal dan salah satu kelebihan dari pick up aktif ini adalah suaranya yang tenang tanpa timbul noise noise yang tidak di inginkan ketika diam maupun sedang dimainkan.

pick up gitar aktif


Adapun kekurangannya adalah suara yang dihasilkan kurang variatif. Untuk perawatan pick up aktif inipun kita harus rajin rajin mengecek baterainya, jangan sampai ketika dipakai manggung dan tiba tiba sumber dayanya habis tentu gitar tidak mengeluarkan suaranya.

2.Pick up pasif

Pick up gitar pasif ini adalah sebuah rangkaian transducer yang tidak dilengkapi dengan preamp sendiri dan hanya berupa gulungan atau lilitan kawat tembaga, yang kemudian dari pick up ini disambungkan kedalam preamp. Karena pick up pasif tidak dilengkapi dengan preamp sendiri maka suara yang dihasilkan akan mengikuti karakter dari bahan kayu pembuat gitar, efek gitar dan juga ampli.
pick up gitar pasif
pick up gitar pasif

Pick up pasif ini sangat bagus dipakai untuk memainkan musik dengan aliran apapun mulai dari country, jazz hingga musik metall. Namun kekurangan dari pick up pasif adalah munculnya bunyi bunyi noise yang sangat mengganggu. Bahkan gitar diletakkan dan tidak dimainkan saja noise seperti suara sayap lebah akan terdengar jelas di perangkat sound system.

Baca juga : Fungsi dari pickguard gitar yang perlu anda ketahui , Cara memilih pick up terbaik

Anda juga dapat mencari artikel ini dengan pencarian berikut :


Nah dari ulasan kedua jenis pick up gitar diatas tentu membuat anda lebih mengetahui fungsi kelebihan dan kekurangan masing masing jenis pick up. Karena pick up adalah sesuatu hal yang sangat penting didalam permainan gitar. Untuk pilihan bisa disesuaikan selera masing masing dan tentu disesuaikan dengan kebutuhan.


Mengenal Jenis Pick Up Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad