-->

Rabu, 25 November 2015

Pengertian Pick Guard Gitar Dan Fungsinya

Advertisement

Pick guard - Mungkin beberapa dari pembaca yang saat ini sedang berkunjung kedalam website ini belum mengetahui apa itu pick guard gitar serta fungsi dari pick guard yang terdapat pada sebuah gitar. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi mengenai fungsi dan pengertian pick guard gitar.

Seperti namanya yakni pick guard ( pelindung petikan ) adalah sebuah bahan laminasi seperti mika ataupun sejenisnya yang dipasang pada bagian depan gitar pada posisi bawah. Fungsi utama dari piranti ini adalah untuk melindungi body gitar agar tidak tergores akibat terkena pick gitar ataupun kuku kita ketika sedang memainkan gitar.

pasang pick guard gitar
remove the pickguard guitar via www.ifixit.com


Selain sebagai sebuah pelindung, fungsi lain dari pick guard ini adalah sebagai perwujud an expresi dari sang pemilik gitar yang bisa dilihat dari bahan pembuat pick guard, corak warna hingga sebagai tempatnya para gitaris membubuhkan tanda tangan mereka disini. Beberapa gitar mahal menggunakan pick guard yang terbuat dari bahan yang bernilai mahal pula seperti platina, emas atau gold, lapisan berlian dan batu mulia lainnya.

Dan pada umumnya pada gitar kelas biasa bahan pembuat pick guard ini biasa terbuat dari bahan kayu bercorak, plastik selluloid, akrilik, kaca hingga logam atau metal.

Apakah semua gitar menggunakan pick guard ?

Tidak juga, biasanya gitar klasik tidak menggunakan pick guard karena kebanyakan dari mereka dimainkan secara fingerstile yang tidak membutuhkan petikan kesar yang ditakutkan akan merusak body gitar.

Baca juga : Inilah 10 merk bass terbaik didunia

Nah bagaimana sudah mengerti kan dengan apa yang dimaksud dengan pick guard gitar dan juga fungsi fungsinya.

Anda juga bisa mencari artikel ini dengan pencarian berikut :

  • Fungsi dari pick guar gitar
  • Pengertian dari pick guard gitar
  • Bahan pick guard gitar
  • Pick guard gitar termahal
  • Cara membuat pick guard gitar



Pengertian Pick Guard Gitar Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad