-->

Sabtu, 16 Juli 2016

Melihat Lebih Jauh Proses Pembuatan Gitar Akustik

Advertisement

Proses membuat gitar akustik - memetik sebuah gitar dan mendendangkan lagu memang pas untuk mengobati rasa kesendirian kita dikala tidak ada seorangpun di sekitar kita, yang mungkin saja mereka sedang sibuk dengan urusannya sendiri atau memang anda seorang jomblo :). Dengan sering bermain gitar juga akan membuat keterampilan atau skill kita dalam bermain gitar lebih meningkat loh. Bagi seorang pemula biasanya mereka lebih suka memilih memainkan gitar akustik dimana selain harganya murah, barang ini pun mudah sekali didapatkan di toko alat musik kecil sekalipun kita bisa menjumpainya.

mungkin bagi sebagian besar anda penasaran dengan cara membuat gitar akustik ini. Nah untuk mengobati rasa penasaran kalian, dibawah ini kami berikan beberapa koleksi foto tentang proses pembuatan gitar mulai dari pemilihan bahan baku hingga finishing gitar.


cara membuat gitar akustik

Kayu diatas adalah bahan yang digunakan untuk membuat body atas dan body bawah gitar, untuk jenis kayu yang dapat dipakai untuk membuat gitar akustik banyak sekali, bahkan triplex pun adalah salah satu jenis bahan yang banyak ditemukan sebagai bahan baku utama membuat body gitar. Untuk gambar diatas adalah kayu jenis hawaii an koa


cara membuat gitar akustik

Diatas adalah setumpukan kayu yang nantinya akan dipotong dan dibentuk untuk membuat kepala gitar, neck gitar, dan heels. jenis kayu yang berkualitas bagus dan banyak diaplikasikan untuk membuat bagian bagian gitar seperti yang disebutkan diatas adalah kayu jenis mahogani.


membuat neck gitar

Gambar diatas merupakan foto para pekerja yang sedang memotong kayu sesuai dengan ukuran yang diperlukan untuk selanjutnya dibentuk menjadi bagian bagian gitar sepeerti headstock, neck dan juga hells.



membuat neck gitar

Diatas adalah gambar potongan kayu mahogani yang telah dibersihkan dan diolah selanjutnya untuk bahan membuat neck gitar.


membuat neck gitar



membuat neck gitar

Diatas adalah hell block dan juga neck / pagehead gitar yang telah jadi dan siap untuk dilakukan proses lanjutan.


membuat neck gitar

Petugas khusus melakukan inspeksi pra perakitan, fungsi inspeksi ini adalah untuk mencari bagian bagian mana yang cacat, perlu diperbaiki atau batal untuk diproses secara lebih lanjut karena tidak memenuhi standar kualitas produk. Hal ini sangat penting mengingat gitar yang baik adalah gitar yang memiliki kualitas terbaik bukan ?


cara membuat gitar akustik



cara membuat gitar akustik

Diatas adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk proses finishing dalam pembuatan neck gitar. Alat ini biasa disebut dengan CNC machine. Untuk pengerjaan manual biasanya dilakukan dengan jalan mengebor serta penggunaan gergaji plat.

cara membuat gitar akustik

Diatas adalah sebuah mesin khusus yang digunakan untuk mengeringkan komponen gitar akustik. Untuk proses manual biasanya dilakukan dengan cara menjemur di tempat teduh / tidak terkena matahari langsung.

cara membuat gitar akustik

Diatas adalah gambar sebuah alat pemotong berteknologi laser untuk membuat body gitar bagian atas dan bagian bawah. Penggunaan mesin pemotong  laser atau laser cutting ini dimaksudkan untuk membuat bentuk gitar yang sangat presisi. Untuk proses manual pengrajin gitar biasanya memanfaatkan pola yang sudah jadi dan memotongnya menggunakan gergaji plat.


membuat body gitar

Bentuk body gitar bagian bawah yang telah dipotong menggunakan laser cutting



membuat body gitar

Bentuk body gitar bagian atas yang telah dipotong dan dibentuk menggunakan laser cutting


aksesoris guitar hole

Aksesoris tambahan yang biasanya dipasang mengelilingi lubang suara atau sound hole pada gitar akustik. Untuk bahannya biasanya terbuat dari metal, plastik ataupun kayu ukir.


aksesoris guitar hole

Hiasan yang telah berhasil dipasangkan pada bagian sisi luar lubang gitar / sound hole.


membuat body gitar

Diatas adalah proses pemberian kerangka pada body atas dan body bawah gitar. Tujuan dari memberikan kerangka gitar ini adalah agar gitar nantinya dapat menjadi kuat dan kokoh serta tida berubah dari bentuk awalnya.


alat pembuat body gitar

Alat diatas adalah sebuah alat khusus yang berfungsi untuk mencetak body gitar bagian samping. Proses membuat body gitar menggunakan mesin seperti diatas tentu lebih efisien dan cepat jika dibandingkan dengan cara manual.


cara membuat gitar akustik

Body samping gitar yang telah jadi disusun rapi didalam ruangan penyimpanan khusus dan siap untuk dirakit ke tahap selanjutnya.


cara membuat gitar akustik

Gambar diatas adalah proses merakit body gitar secara keseluruhan yang terdiri dari body atas gitar, body bawah gitar serta body samoing gitar. Di pasang presisi kemudian di ikat dengan menggunakan plester kertas, tujuannya adalah menjaga agar posisinya tidak berubah ketika dilakukan pengeleman.


cara membuat gitar akustik

Lagi lagi setelah dilakukan perakitan, body gitar memasuki tahap inspeksi untuk melihat apakah ada bagian bagian tertentu yang mengalami kesalahan atau kecacatan bentuk, untuk kemudian selanjutnya dilakukan perbaikan sebelum dilanjutkan pada tahap pengecatan atau painting.


cara membuat gitar akustik

Body gitar yang telah dimasukkan kedalam ruang painting, yang selanjutnya akan dilakukan proses pewarnaan.


cara membuat gitar akustik

Mesin painting yang telah menggunaan teknologi robotik, untuk pengerjaan manual biasanya menggunakan cat air brush dalam prosesnya.


cara membuat gitar akustik

Body gitar yang telah di cat dan dikeringkan, siap untuk memasuki proses selanjutnya yaitu perakitan antara body dan juga neck serta penambahan aksesoris lainnya,


cara membuat gitar akustik

Sekumpulan neck gitar yang sudah dilakukan pengecatan dan siap untuk dirakit dengan body gitar.


cara membuat gitar akustik

Gambar diatas adalah sebuah pick up yang nantinya dipasangkan pada gitar akustik.


cara membuat gitar akustik

Gambar diatas adalah bentuk sebuah gitar TAILOR yang telah jadi dan siap untuk di distribusikan ke toko toko alat musik.


Nah bagaimana sudah tahu kan bagaimana proses membuat gitar akustik ? semoga bermanfaat.



Melihat Lebih Jauh Proses Pembuatan Gitar Akustik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad