-->

Rabu, 13 Juli 2016

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Gitar Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab masalah gitar dan mengatasinya - seringkali kita memiliki masalah masalah yang timbul pada gitar kesayangan seiring bejalannya waktu, hal ini biasanya terjadi karena kita kurang memperhatikan dan merawat gitar dengan benar, atau memang didalam gitar tersebut terdapat masalah teknis diluar perkiraan kita.

Nah dari sekian banyak masalah yang timbul menghampiri alat musik petik yang satu ini, yang sering kali terjadi adalah beberapa masalah dibawah ini yang diantaranya adalah sebagai berikut :

#Gitar bunyi / noise dan cara mengatasinya

Banyak sekali masalah noise atau bunyi bunyian yang terjadi pada gitar ketika sedang dimainkan, namun rata rata dari semua penyebab adalah karena adanya persinggungan pada sistem wiring atau diagram kabel yang mungkin tidak tersambung, menyentuh kabel lain sampai konektor jack yang sudah kendor. Untuk mengatasi hal ini cobalah anda lakukan pemeriksaan pada kabel yang tersambug kedalam ground, kabel ini adalah kabel yang tersambung langsung pada body potensiometer. Anda bisa memeriksa apakah solder kabel kabel tersebut sudah benar tersambung sempurna ataukah tidak, bila tidak segera diperbaiki ( disolder ulang ), cari juga apakah ada kabel yang saling bertumpuk / bersinggungan, selain menyebabkan noise kabel kabel seperti ini juga bisa membuat konslet. Periksa juga colokan atau jack yang ada pada gitar baik jack male maupun female nya, bila sudah kendor sebaiknya gunakan kabel baru dan jack baru.

problem gitar

#Senar gitar berkarat dan cara mengatasinya

Senar gitar yang karatan memang sewajarnya terjadi dan pasti akan terjadi. Penyebab kenapa senar gitar menjadi karatan adalah karena keringat anda yang sifatnya asam menempel langsung pada senar yang rata rata dipasaran terbuat dari logam baja atau nikel. Hal ini erat hubungannya dengan cara yang salah dalam merawat gitar, atau anda memang tidak tahu menahu bagaimana merawat gitar yang baik dan benar. Terkadang para pemilik gitar setelah memainkan gitarnya ya diletakkan begitu saja tanpa merawatnya terlebih dahulu sehingga zat asam yang terkandung didalam keringan dan menempel pada senar akan membuatnya menjadi berkarat. Memang tidak ada cara untuk menghilangkan karat pada senar gitar mengingat bahan pembuatannya terbuat dari logam yang mudah berkawat, yang bisa kita lakukan adalah memperlambat proses korosi tersebut dengan rajin rajin mengelap senar gitar menggunakan minyak polis senar atau bisa menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif.


#Fret gitar terdengar buzz dan cara mengatasinya

Apakah anda pernah memainkan gitar kemudian terdengar suara seperti brrtz . . .brttzss ? suara mendesis pada senar gitar seperti ini biasanya disebut dengan istilah buzzing. Hal ini disebabkan karena ada beberapa bagian freet gitar yang terkikis sehingga ketinggian pada tiap tiap freet menjadi tidak sama rata. Untuk mengatasi hal ini yang perlu kalian lakukan adalah melakukan leveling fret yaitu meratakan ketinggian freet gitar menjadi sama rata dengan bantuan kertas amplas, bila dirasa terlalu beresiko takut malah merusak, kalian bisa melakukan penggantian kesemua freet dengan yang baru. Jika anda tidak pernah melakukan hal ini alangkah baiknya diserahkan kepada yang lebih ahli untuk melakukan pekerjaan ini.

Baca juga : Cara benar merawar fret gitar agar tidak mudah rusak

#Ketika salah satu senar gitar putus, senar lainnya menjadi fals

Jika kalian pernah mengalami kejadian dimana ada salah satu senar gitar yang putus, kemudian seluruh senar gitar yang tidak putus tersebut jika dimainkan menjadi tidak setel atau fals ada kemungkinan besar posisi bridge gitar anda tidak menempel dengan benar pada body gitar. Untuk mengatasi hal ini cukup lakukan pengencangan mur atau pegas pengikat bridge gitar sehingga plat bridge tersebut menempel / melekat erat pada body gitar.

#Neck gitar bengkok dan cara mengatasinya

Neck gitar yang bengkok baik bengkok cekung ataupun cembung paling seringkali ditemui baik pada gitar yang telah lama dipakai maupun gitar baru yang masih di display didalam toko alat musik. Penyebab utama yang membuat neck gitar menjadi bengkok adalah karena adanya renggangan yang terlalu berlebih dari senar gitar ( terlalu kencang menyetelnya ) sehingga terjadilah bengkok pada neck gitar. Untuk mengatasi neck gitar yang bengkok ini adalah dengan jalan mengendurkan seluruh senar gitar yang ada, baru kemudian menyetel truss rod yang biasanya ada didalam kepala gitar untuk yang model elektrik, dan dibawah lubang suara atau sound hole pada gitar akustik. Bila kalian tidak menemukan truss rod didalam gitar yang kalian miliki, ya itu sudah nasib anda kenapa membeli gitar yang seperti itu ?

#Suara gitar kurang pas di nada tinggi dan cara memperbaikinya

Bila kalian mengalami hal seperti ini kemungkinan besar ada masalah pada intonasi, kemungkinan posisi saddle kurang tepat atau perlu digeser. Untuk mengatasi masalah ini sebelumnya anda harus menstem gitar menggunakan guitar tuner, pertama setel senar 1 di nada E dengan menggunakan tunner, selanjutnya periksa juga pada posisi open string serta posisi pada fret 12 dan fret 24, nada yang muncul seharusnya sama dengan tuner. Bila di fret 12 ini nada E nya lebih tinggi bila dibandingkan dengan open string, anda bisa menggeser saddle lebih kedepan, begitu pula dengan sebaliknya, jika nada pada fret 12 pebih rendah bila dibandingkan dengan open string silahkan geser saddle gitar kearah belakang. Lakukan cara ini pada tiap tiap senar.

Baca juga : Aplikasi android untuk stem gitar terbaik

#Suara gitar putus putus dan cara memperbaikinya

Problem suara yang putus putus ketika gitar sedang dimainkan juga kerap kali terjadi, penyebab kenapa suara gitar menjadi putus ada beberapa diantaranya adalah karena adanya masalah pada jack male atau female jack. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan membongkar rumah female jack dan melihat apakah ketika jack male ditancapkan, kaki pengait yang berfungsi untuk mengunci jack male mengapit dengan benar ataukah sudah kendor, bila ternyata kendor kalian bisa mencoba membengkokkan kaki pengunci didalam female jack. Periksa dengan menancapkan jack male kedalamnya, bila sudah terkunci secara sempurna coba mainkan gitar anda.

#Suara gitar semakin melemah dan cara memperbaikinya

Penyebab kenapa suara gitar semakin lama semakin mengecil biasanya karena frekuensi output dari pickup aktif yang mulai melemah karena kehabisan daya baterai sebagai power. Untuk mengatasi hal ini cukup lakukan penggantian baterai dari pickup aktif tersebut dengan yang baru dan disarankan menggunaan baterai jenis alkaline karena baterai jenis ini dikenal mampu bertahan lebih lama dibandingkan baterai jenis biasa. Semakin lemah baterai pickup aktif akan membuat suara yang dihasilkan ikut melemah pula bahkan gitar tidak bisa terdengar bunyinya.

Baca juga : Mengenal lebih jauh tentang pickup gitar dan jenisnya



Masalah Yang Sering Terjadi Pada Gitar Dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad