-->

Kamis, 14 April 2016

Jenis Kayu Lokal Untuk Bahan Membuat Gitar

Advertisement

Kayu lokal berkualitas untuk gitar - pada umumnya kebanyakan gitar dibuat mengunakan bahan dari kayu seperti kayu oak, maple, spruce, dao dan juga ebony. Namun bahan kayu seperti yang saya sebutkan tadi sangatlah susah dicari di indonesia ini sebab memang kebanyakan kayu jenis itu adanya diluar negeri, dan itulah sebabnya gitar buatan luar negeri banyak menggunakan kayu tersebut sebab disana sangat mudah mendapatkannya.

Berbeda dengan kita yang bila ingin membuat gitar sendiri menggunakan bahan kayu diatas tentu saja kita akan sangat kesulitan mendapatkannya. Dan walaupun ada kemungkinan harganya relatif lebih mahal. Padahal untuk kayu lokal indonesia banyak sekali yang memiliki kualitas bagus yang bisa digunakan untuk membuat sebuah gitar loh.

Baca juga : Ingin buka studio musik ? Ini peralatan yang harus anda punya

Penasaran kan ? nah dibawah ini adalah beberapa kayu kualitas lokal untuk membuat gitar yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kayu Sonokeling

Kayu lokal untuk membuat gitar selanjutnya adalah kayu sonokeling yang memiliki nama ilmiah Dalbergia latifolia. Kayu sonokeling ini di indonesia digolongkan kedalam jenis kayu mewah dimana kayu ini memiliki corak atau motif berwarna ungu kehitaman, hitam dan coklat. Kayu ini di indonesia sangat terkenal dan sering digunakan juga sebagai bahan kusen pintu jendela, sebagai bahan lantai kayu, dekorasi kayu, berbagai peralatan olahraga dan lain sebagainya.

kayu lokal bahan gitar


Kayu ini tergolong berat namun sangat kuat sekali, bahkan kayu ini tahan terhadap jamur. Karena corak kayu yang begitu indah kayu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuat gitar khususnya pada bagian neck gitar atau papan freet gitar.



2. Kayu Nangka

Kayu nangka yang memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus Lamk ini merupakan kayu yang berasal dari pohon nangka yang tentu saja banyak tumbuh diseluruh wilayah indonesia sebab tumbuhan ini dapat tumbuh di seluruh daerah yang beriklim tropis. Kayu nangka ini memiliki tekstur yang halus dan kuat, berwarna putih kekuning kuningan ketika baru saja dipotong dan memiliki kekuatan yang tinggi dibawah kayu jati dan karena kayu ini tergolong kayu yang kuat banyak sekali pengrajin meja kursi yang menggunakan kayu ini untuk menggantikan kayu jati.

kayu lokal bahan gitar


Dengan tingkat kekeringan yang baik kekuatan kayu nangka ini bisa dikatakan sama dengan kayu jati serta lebih ringan bila dibandingkan dengan kayu jati yang terkenal berat. Nah bila kalian sekedar iseng untuk membuat gitar sendiri anda bisa mencoba memilih kayu nangka ini sebagai bahan alternatif membuat gitar.

Baca juga : Berbagai aksesoris gitar lengkap dengan nama dan fungsinya

3. Kayu Agathis 

Kayu agatis adalah salah satu hasil perhutani indonesia yang menjadi salah satu produk kayu yang dijadikan produk ekxpor unggulan. Kayu agatis ini berwarna kuning kecoklat coklatan dengan berat yang tergolong ringan. Ketika masih berupa pohon damar seringkali dimanfaatkan untuk disadap getahnya yang kemudian diolah menjadi kopal. Nah kayu agatis ini juga termasuk salah satu kayu yang bagus untuk membuat gitar.


4. Kayu Durian

Kayu lokal sebagai bahan pembuat gitar selanjutnya adalah kayu durian yang memiliki nama ilmiah Durio zibetinus ini banyak sekali dapat kita temukan di seluruh asia dimana pada umumnya dipelihara dalam skala luas yakni sebuah perkebunan.
Bahan kayunya tergolong ringan dan juga sangat mudah sekali dipotong dan dibentung menjadi berbagai barang termasuk salah satunya adalah dibuat menjadi gitar. Kayu durian ini memiliki daya susut yang cepat dengan tingkat keretakan yang rendah sehingga sangat cocok sekali jika digunakan sebagai bahan membuat gitar.


5. Kayu Sungkai

Bahan alternatif membuat gitar selanjutnya adalah kayu sungkai yang memiliki corak atau motif kayu yang sangat bagus sekali dengan serat searah. Kayu ini hampir sama dengan kayu sonokeling dimana memiliki urat urat atau serat kayu bercorak mulai dari warna putih kecoklatan sampai coklat tua bahkan hitam.

kayu lokal bahan gitar


Memiliki daya retak yang tinggi namun sangat mudah diolah atau dikerjakan sebagai kayu pembuat gitar, utamakan kayu yang telah kering benar jika hendak menggunakan kayu ini untuk dibuat kerajinan apapun dan kayu ini sangat baik digunakan sebagai bahan neck serta freet pada gitar.

Baca juga : Inilah gitar listrik buatan lokal indonesia, salah satunya sudah mendunia !

Sebenarnya masih banyak sekali kayu lokal indonesia yang bisa dijadikan alternatif membuat gitar, namun beberapa kayu diatas sepertinya sudah cukup mengingat mudahnya mendapatkan kayu jenis diatas. Dan bagi kalian yang memiliki bahan kayu lain seperti kayu akasia, kayu jati dan lain sebagainya pun bisa juga dicoba untuk digunaan membuat gitar.


Jenis Kayu Lokal Untuk Bahan Membuat Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad