-->

Kamis, 21 Juli 2016

Cara Meluruskan Neck Gitar Yang Melengkung

Advertisement

Mengatasi neck gitar yang melengkung - pernahkah anda memiliki sebuah gitar yang ketika dimainkan, lama kelamaan suaranya menjadi kurang begitu enak, tidak sincron atau fals dalam beberapa bulan ? Ada kemungkinan gitar anda mengalami lengkung pada bagian stang gitarnya. Agar suara gitar dapat kembali seperti sedia kala maka perlu kita lakukan pelurusan pada bagian neck atau stang gitar.

Cara mengecek stang gitar yang bengkok

Kenapa harus bagian ini yang perlu diperbaiki, kenapa tidak menyetel senar gitar satu persatu saja agar mendapatkan suara yang pas ? Karena salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap perubahan suara yang tersebut dikarenakan stang gitar ini melengkung akibat gitar tidak pernah dimainkan dan dikendurkan senarnya. Untuk mengetahui apakah senar gitar melengkung ataukah tidak adalah dengan cara meletakkan gitar pada permukaan yang rata misalnya diatas meja dengan bagian senar gitar berada diatas, kemudian tekan senar nomor satu yaitu senar gitar yang paling besar pada fret pertama dan fret ke 15 secara bersamaan kemudian lihat spasi jarak antara gitar dan fret didalamnya ( antara fret 2 sampai fret 13 ). Dari pengecekan ini anda bisa mengetahui apakah nek gitar milikmu melengkung keatas ataukah melengkung kebawah.

Baca juga : Ini kayu lokal indonesia yang bagus dipakai bahan body gitar elektrik

Penyetelan truss rod gitar

Bila telah diketahui stang gitar melengkung kearah mana, langkah selanjutnya adalah melakukan penyetelan truss rod gitar, truss rod adalah sebuah batang besi penyetel yang biasanya terletak didalam stang gitar dibawah fret gitar. Untuk letak truss rod gitar elektrik / listrik posisinya biasanya berapa pada kepala gitar atau headstock dan ditutup dengan menggunakan plat dan dibaut sebanyak 2 atau 3 bautan. Sedangkan untuk gitar akustik posisi truss rod nya berada dibawah lubang gitar atau sound hole, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Meluruskan Neck Gitar Yang Melengkung


Untuk menyetel truss rod biasanya kita membutuhkan kunci L hexagonal, untuk membetulkan neck gitar yang bengkok atau melengkung kebawah maka truss rod diputar searah jarum jam / kearah kanan. Sedangkan untuk meluruskan stang gitar yang bengkok keatas truss rod diputar berlawanan arah jarum jam atau kearah kiri. Cek sekali lagi seperti cara mengecek stang gitar yang bengkok diatas sampai senar gitar terlihat benar benar lurus.

Agar stang gitar tidak mudah melengkung kembali, pastikan anda melakukan perawatan gitar yang baik dan benar guna menjaga keawetan instrumen musik anda.

Baca juga : Problem yang sering terjadi pada gitar dan menanganinya

Semoga tulisan cara mengembalikan stang gitar yang melengkung diatas bisa bermanfaat buat anda, selamat mengutak atik gitar kesayangan dan semoga lekas berhasil. Bila kalian mengalami kesulitas, serahkan saja pada ahlinya ya :).


Cara Meluruskan Neck Gitar Yang Melengkung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad