-->

Jumat, 15 April 2016

Inilah Jenis Kayu Yang Biasa Digunakan Membuat Gitar

Advertisement

Kayu bahan membuat gitar - seorang gitaris selain harus pintar memainkan dawai gitarnya juga wajib tahu mengenai kayu yang dipakai untuk membuat gitar tersebut sebab tiap jenis kayu yang berbeda tentu saja memiliki pengaruh yang berbeda pula terhadap kenyamanan dan tentu saja suara yang dihasilkan. Kayu bahan gitar yang baik biasanya berwarna kurang menarik, kusam atau buram sehingga beberapa produsen gitar melakukan pelapisan dengan menggunakan lapisan tipis kayu yang memiliki corak atau motif yang bagus, teknik ini disebut tehnik laminated.

Nah bagi anda yang masih pemula tentu saja wajib sekali hukumnya untuk mengetahui jenis kayu apa saja yang digunakan untuk membuat sebuah gitar dan bagian gitar mana yang sebaiknya menggunakan kayu tersebut. Dibawah ini adalah sedikit informasi mengenai pengetahuan akan bahan kayu yang biasanya digunakan untuk membuat gitar.

kayu bahan gitar
guitar


Baca juga : Inilah 10 merk gitar terbaik didunia versi audioboxed.blogspot.com

Berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan membuat gitar elektrik beserta karakteristik yang biasa dihasilkannya.

1. Kayu Alder

kayu jenis ini memiliki bobot yang cukup ringan namun bisa menghasilkan suara yang sangat baik, karena kayu ini tidak terlalu menarik warnanya sehingga beberapa produk gitar yang terbuat dari kayu ini lebih memilih mewarnai produk mereka dengan menggunakan warna yang solid, bukan menggunakan warna yang bening atau transparan.

kayu bahan gitar
tekstur kayu alder


Memang ada sih beberapa produsen yang percaya diri dengan memfinishing produknya dengan warna yang transparan dan tentu saja hal ini untuk memenuhi selera anda para konsumen.

2. Kayu Basswood

Kayu jenis ini memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan kayu alder dengan bobot yang ringan serta menghasilkan suara yang warm.

kayu bahan gitar
tekstur kayu basswood pada body gitar


Beberapa dari jenis kayu yang satu ini kurang begitu memiliki tingkat kesolid an yang cukup bagus sehingga anda perlu memperlakukan gitar yang dibuat dari kayu basswood ini dengan hati hati agar tidak mudah cacat nantinya bila seandainya terbentur atau apalah.

3. Kayu Poplar

Kayu poplar ini memiliki bobot yang ringan dengan motif atau corak yang soft dan memiliki warna yang jauh lebih terang ketimbang kayu alder.

kayu bahan gitar
tekstur kayu poplar


Memiliki karakter yang sama dengan jenis kayu kayu sebelumnya dan produk gitar yang menggunakan kayu jenis ini biasanya di finishing dengan pengecatan.

4. Kayu Ash

Kayu ash ini memiliki warna yang terang dengan berat kayu yang sedang dan mempunyai corak serta tekstur yang lebih atraktif. Karena memiliki motif kayu yang lumayan bagus untuk dipandang mata maka biasanya gitar yang terbuat dari kayu jenis ini difinishing dengan cat yang transparan sehingga corak dari kayunya akan kelihatan.

kayu bahan gitar
tekstur kayu ash


Suara yang dihasilkan dari kayu jenis ini sangat bright, namun lebih bagus lagi di nada nada bass sehingga kayu ash ini sangat cocok digunakan untuk membuat BASS guitar.

Baca juga : Tips cara merawat gitar listrik agar awet

5. Kayu Mahogani

Kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang lumayan dan dengan bobot yang lebih berat ketimbang kayu yang kami bahas sebelumnya. Berkarakter bright dan memiliki sustain serta attack yang baik. Kayu jenis mahogani ini bisa digunakan sebagai bahan pembuat gitar terutama pada bagian body gitar ataupun neck gitar.

6. Kayu Maple

Kayu maple ini adalah jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan membuat gitar import karena disana lebih mudah mendapatkannya. Memiliki tingkat kekerasan yang bagus serta memiliki bobot sedikit berat namun memiliki tekstur kayu yang begitu indah. Mampu menghasilkan suara yang lebih tebal serta attack yang lebih bervariasi. Karena coraknya yang indah ini kayu maple sering kali dimanfaatkan untuk digunakan sebagai bahan membuat neck gitar atau fingerboard / fret gitar.

7. Kayu Oak

Memang tak banyak gitar yang biasa dibuat dengan menggunakan kayu ini karena kayu ini memiliki berat yang lumayan, memiliki karakter suara yang lebih kasar serta memiliki sustain yang agaknya kurang bagus. Namun ya namanya pilihan masing masing orang berbeda sehingga ada sebagian produsen gitar yang sengaja membuat gitar dengan menggunakan kayu oak.

bahan kayu gitar
salah satu tekstur kayu oak


8. Kayu RoseWood

Salah satu jenis kayu yang sering kali digunakan untuk bahan membuat gitar terutama pada bagian fret adalah rosewood walaupun ada yang menggunakan kayu ini untuk digunakan bahan membuat body gitar maupun neck gitar. memiliki karakteristik kayu yang keras serta kuat adalah alasan utama kenapa kayu ini sangat baik sekali digunakan untuk fingerboard gitar. Terlebih lagi bila gitar tersebut pada bagian neck nya menggunakan kayu jenis maple maka akan menghasilkan neck gitar yang stabil dengan karakter suara yang lebih warm serta memiliki feel yang lebih smooth. Oh iya kombinasi antara kayu rosewood dan kayu maple ini adalah kombinasi yang paling populer diadopsi perusahan manufaktur gitar dunia loh.

9. Kayu Eboni

Kayu ini memiliki warna yang hitam dengan tingkat kekerasan yang sangat baik serta kuat. karena karakternya ini kayu eboni biasa dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat gitar terutama pada bagian fingerboardnya dan jarang ada gitar yang menggunakan kayu ini untuk bagian body nya. Hampir sama dengan kayu eboni yang bila dikombinasikan dengan kayu maple akan menghasilkan suara yang sangat bright. Namun karena sifat kekerasannya yang super ini jika fret gitar kalian rusak akan sangat sulit untuk melakukan penggantian. Selain itu kayu eboni ini memiliki harga yang cenderung mahal mengingat kayu eboni saat ini termasuk jenis kayu yang sudah mulai langka.

kayu bahan gitar
body dan fingerboard gitar menggunakan kayu ebony



Nah diatas adalah beberapa jenis kayu yang biasanya umum digunakan sebagai bahan untuk membuat gitar terutama gitar jenis elektrik guitar. Sebenarnya masih banyak sekali jenis kayu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat gitar termasuk kayu lokal indonesia seperti kayu nangka, sungkai, agatis dan lain sebagainya yang juga dapat dijadikan bahan kayu alternatif membuat gitar. Untuk membaca artikel mengenai kayu lokal yang bisa dijadikan bahan membuat gitar silahkan

Baca juga : Kayu lokal indonesia yang bisa dipakai bahan membuat gitar

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menshare artikel ini. :).


Inilah Jenis Kayu Yang Biasa Digunakan Membuat Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad