-->

Jumat, 29 April 2016

Cara Merawat Keyboard Musik Dan Piano

Advertisement

Cara merawat organ tunggal, keyboard dan piano - memiliki hoby bermain musik ini bukanlah hoby yang murah, sebab dari sekian banyak peralatan bermusik hampir rata rata berharga mahal. Oleh sebab itu kitapun harus rajin rajin dalam melakukan perawatannya, seberapa mahal dan seberapa bagus kualitas suatu alat musik jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik tetap saja akan mengalami kerusakan.

Khusus untuk edisi kali ini penulis akan mencoba membagikan beberapa tips merawat dan menjaga alat musik keyboard organ tunggal ataupun piano. Dan dibawah ini adalah beberapa cara yang benar merawat dan menjaga alat musik tekan tersebut.

digital keyboard


Baca juga : Kayu lokal terbaik untuk membuat gitar

Persiapan bermain - perhatikan voltase listrik

Beberapa peralatan musik pencet saat ini kebanyakan sudah menggunakan sulpay energi listrik ( elektronik instrument ) untuk menghasilkan suaranya. Dan sebelum kalian memainkan alat musik sejenis ini sebaiknya perhatikan juga kualitas energi listrik yang masuk ( input ) agar sesuai dengan spesifikasi input peralatan musik tersebut. Sangat disarankan menggunakan stavolt atau stabilizer voltage.
Hal ini sangat membantu menghindari adanya tegangan berlebih secara tiba tiba yang masuk ke instrumen musik yang dikuatirkan dapat membuat peralatan musik tersebut rusak.

Bermainlah secara lembut

Sebuah tuts piano ini ditekan baik dengan keras maupun pelan akan menghasilkan nada dan tinggi suara yang sama, jadi percuma saja bila anda menekan tuts tuts ini dengan sangat keras ketika memainkannya sebab hanya akan membuat knop atau tombol tuta tersebut pecah dan rusak. Melakukan penggantian pada part inipun juga tidak semudah merakit tamiya. Jadi usahakan anda menekan tuts tersebut dengan lembut guna menghindari kerusakan yang ujung ujungnya membuat kalian tidak nyaman dalam bermain organ atau keyboard.

Flasdisk dan komputer yang bebas virus

Biasanya dalam bermain organ atau piano ini, terkadang ada orang yang malas atau tidak mengerti tentang musik namun ingin terlihat keren sehingga kadang mereka menggunakan sebuah flasdisk yang telah berisi file musik untuk membantu performa mereka, atau hanya sekedar mengisi daftar lagu. Pastikan kalian menggunakan perangkat komputer yang digunakan mentransfer file kedalam flasdisk dalam keadaan bebas dari virus. Beberapa virus juga didesain untuk menyerang peralatan musik dan merusakkannya. Ingat tempat servis alat musik khususnya piano atau organ tunggal ini sangat sulit ditemui, bahkan di satu kota saja masih dapat dihitung jari.

Baca juga : Tips memilih drum stick yang bagus

Penyimpanan yang baik ketika tidak digunakan

Ketika anda sudah tidak lagi memainkan peralatan musik seperti keyboard ini sebaiknya disimpan di tempat yang aman, bisa dimasukkan kedalam hardcase atau peti khusus keyboard. Hal ini untuk menghindarkan dari kerusakan akibat benturan benda lain. Termasuk menghindarkan alat musik tekan ini dari debu ataupun tetesan air. Namun bila alat musik ini berada didalam ruangan yang kalian yakini aman dari debu dan atau tetesan air, cukup kalian kunci pintu akses ke ruangan tersebut :).

Mainkan secara berkala dan rutin untuk menjaga keawetan

Terkadang ketika seseorang kepincut dengan peralatan musik yang lain, maka dengan sangat cepat mereka meninggalkan dan menyimpan alat musik yang lama dan lebih memilih memainkan alat musik yang baru. Nah kesalahan seperti ini masih banyak dilakukan oleh beberapa pecinta musik khususnya yang masih pemula dan tidak tahu bagaimana cara merawat piano dan keyboard. Alat musik yang disimpan dan dibiarkan saja akan membuatnya mudah sekali rusak.

Oleh sebab itu walau tidak digunakan atau sudah tidak berminat, anda wajib setidaknya 2 kali dalam 1 bulan untuk memainkannya. Hal ini bertujuan untuk menjaganya tetap berfungsi. Ingat, rumah pun bila tidak ditinggali akan menjadi rapuh dan rusak, begitupun alat musik.

Baca juga : Panduan memilih microphone yang bagus

Memang awet tidaknya suatu alat musik selain karena merk dan kualitasnya juga ditentukan dari bagaimana kita cara kita memainkan serta merawatnya. Walaupun itu merk bagus semisal Yamaha, jika kalian menggunakannya sembrono ditekan menggunakan palu misalnya, juga akan mempercepat proses kerusakannya.


Cara Merawat Keyboard Musik Dan Piano Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kang mamad